PENGEMBANGAN BUKU AJAR FISIOTERAPI DALAM PELAYANAN KOMPREHENSIF FISIOTERAPI ANAK PADA MAHASISWA FISIOTERAPI UNIVERSITAS ‘AISYIYAH YOGYAKARTA
DEVELOPMENT OF PHYSIOTHERAPY TEACHING BOOKS IN COMPREHENSIVE SERVICE OF PHYSIOTHERAPY PEDIATRIC FOR 'AISYIYAH YOGYAKARTA PHYSIOTHERAPY STUDENTS
Abstract
Buku ajar merupakan buku standar yang digunakan pengajar dan anak didik dalam proses belajar mengajar untuk maksud-maksud dan tujuan instruksional, yang dilengkapi dengan sarana-sarana pengajaran yang serasi dan mudah dipahami oleh pemakainya di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi sehingga dapat menunjang progam pengajaran. Fisioterapi dalam kompetensinya memiliki beberapa kompetensi peminatan diantaranya adalah fisioterapi anak, yang lingkup pelayanan maupun pembelajaran lebih fokus pada tumbuh kembang anak secara normal, gangguan perkembangan anak, memulihkan dan meningkatkan kemampuan gerak pada anak. Metode Penelitian ini Dalam penelitian ini menggunakan metode pengembangan bertujuan untuk memberi pengetahuan kepada mahasiswa fisioterapi, melalui buku ajar dengan menguji kelayakan pengembangan buku ajar pada mahasiswa fisioterapi dan fisioterapi klinis fisioterapi anak. Penelitian ini dilakukan uji coba produk yang terdiri dari dua tahap yakni uji coba kelompok kecil sebanyak 10 orang yang terdiri dari mahasiswa dan fisioterapis dan uji coba kelompok besar sebanyak 30 orang yang terdiri dari mahasiswa dan fisioterapis klinis.
Hasil uji angket kepada pembaca menunjukkan persentase rerata skor sebesar 94,43% yang berarti layak, Hasil uji angket kepada ahli materi menunjukkan persentase rerata skor sebesar 88,38% yang berarti bahwa materi yang ada dalam pembelajaran buku ajar ini sangat baik Tujuan khusus Berdasarkan hasil dari penelitian, pengembangan buku ajar ini dikategorikan “Sangat Layak” digunakan sebagai media pembelajaran dan sumber pengetahuan bagi mahasiswa, maupun fisioterapis klinis.
Keyword : Buku Ajar Fisioterapi, Fisioterapi Anak
Downloads
References
Asher I, Pearce N. Global burden of asthma among children, (2017). The International Journal of Tuberculosis and Lung Disease 2014;18;1269-1278. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25299857
Arikunto, Suharsimi, 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta
Arsyad, Azhar, 2006. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Sugiyono, 2012.Metode Penelitian Pendidikan(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: C.V. Alfabeta.
Kemenkes 2015, Permenkes no 65 dalam berita Negara Republik Indonesia
Khaerullah Radin A, 2016. Pengemabangan buku saku penanganan pertama pada olahraga bulutangkis. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta
Diana 2018, Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Berpikir Logis Mahasiswa dengan Adversity Quotient dalam Pemecahan Masalah, STKIP Taman Siswa Bima
Johanes 2018, Peran Dosen pada pembelajaran Study Center Learning, FKIP Universitas Esa Unggul
Permendikbud No.73 Tahun 2013, Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Author’s Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
User Rights
JFR's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, JFR permits users to copy, distribute, display, and perform the work. Users will also need to attribute authors and JFR on distributing works in the journal.
Rights of Authors
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights;
- Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
- The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
- The right to reproduce the article for own purposes,
- The right to self-archive the article
Co-Authorship
If the article was jointly prepared by other authors, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JFR will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JFR will only communicate with the corresponding author.
Miscellaneous
JFR will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JFR's editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.