PENGEMBANGAN BUKU AJAR FISIOTERAPI DALAM PELAYANAN KOMPREHENSIF FISIOTERAPI ANAK PADA MAHASISWA FISIOTERAPI UNIVERSITAS ‘AISYIYAH YOGYAKARTA

DEVELOPMENT OF PHYSIOTHERAPY TEACHING BOOKS IN COMPREHENSIVE SERVICE OF PHYSIOTHERAPY PEDIATRIC FOR 'AISYIYAH YOGYAKARTA PHYSIOTHERAPY STUDENTS

  • lailatuz laila zaidah Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta
Keywords: Buku Ajar Fisioterapi, Fisioterapi Anak

Abstract

Buku ajar merupakan buku standar yang digunakan pengajar dan anak didik dalam proses belajar mengajar untuk maksud-maksud dan tujuan instruksional, yang dilengkapi dengan sarana-sarana pengajaran yang serasi dan mudah dipahami oleh pemakainya di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi sehingga dapat menunjang progam pengajaran. Fisioterapi dalam kompetensinya memiliki beberapa kompetensi peminatan diantaranya adalah fisioterapi anak, yang lingkup pelayanan maupun pembelajaran lebih fokus pada tumbuh kembang anak secara normal, gangguan perkembangan anak, memulihkan dan meningkatkan kemampuan gerak pada anak. Metode Penelitian ini Dalam penelitian ini menggunakan metode pengembangan bertujuan untuk memberi pengetahuan kepada mahasiswa fisioterapi, melalui buku ajar dengan menguji kelayakan pengembangan buku ajar pada mahasiswa fisioterapi dan fisioterapi klinis fisioterapi anak. Penelitian ini dilakukan uji coba produk yang terdiri dari dua tahap yakni uji coba kelompok kecil sebanyak 10 orang yang terdiri dari mahasiswa dan fisioterapis dan uji coba kelompok besar sebanyak 30 orang yang terdiri dari mahasiswa dan fisioterapis klinis.

Hasil uji angket kepada pembaca  menunjukkan persentase rerata skor sebesar 94,43% yang berarti layak, Hasil uji angket kepada ahli materi menunjukkan persentase rerata skor sebesar 88,38% yang berarti bahwa materi yang ada dalam pembelajaran buku ajar ini sangat baik Tujuan khusus Berdasarkan hasil dari penelitian, pengembangan buku ajar ini dikategorikan “Sangat Layak” digunakan sebagai media pembelajaran dan sumber pengetahuan bagi mahasiswa, maupun fisioterapis klinis.

Keyword : Buku Ajar Fisioterapi, Fisioterapi Anak

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anas NG, (2007) Pediatric hospital medicine: Textbook of inpatient management. 2nd ed. Philadelphia: Wolter Kluwer Health and Lippincott, Williams & Wilkins.
Asher I, Pearce N. Global burden of asthma among children, (2017). The International Journal of Tuberculosis and Lung Disease 2014;18;1269-1278. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25299857
Arikunto, Suharsimi, 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta
Arsyad, Azhar, 2006. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Sugiyono, 2012.Metode Penelitian Pendidikan(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: C.V. Alfabeta.
Kemenkes 2015, Permenkes no 65 dalam berita Negara Republik Indonesia
Khaerullah Radin A, 2016. Pengemabangan buku saku penanganan pertama pada olahraga bulutangkis. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta
Diana 2018, Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Berpikir Logis Mahasiswa dengan Adversity Quotient dalam Pemecahan Masalah, STKIP Taman Siswa Bima
Johanes 2018, Peran Dosen pada pembelajaran Study Center Learning, FKIP Universitas Esa Unggul
Permendikbud No.73 Tahun 2013, Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi
Published
2021-01-11
How to Cite
zaidah, lailatuz. (2021). PENGEMBANGAN BUKU AJAR FISIOTERAPI DALAM PELAYANAN KOMPREHENSIF FISIOTERAPI ANAK PADA MAHASISWA FISIOTERAPI UNIVERSITAS ‘AISYIYAH YOGYAKARTA. Jurnal Fisioterapi Dan Rehabilitasi, 5(1), 50-61. https://doi.org/https://doi.org/10.33660/jfrwhs.v5i1.130
##“article.abstract”## viewed = 348 times
PDF downloaded = 337 times