Pengaruh Pemberian Deep Breathing Exercise Dan Slow Stroke Back Massage Efektif Dalam Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Pada Penderita Hipertensi.

The Effect of Giving Deep Breathing Exercises And Slow Stroke Back Massage Effectively In Lowering High Blood Pressure In Hypertension

  • Nova Relida Samosir Universitas Abdurrab
  • Sari Triyulianti Universitas Abdurrab
Keywords: Kata kunci: Hipertensi, Deep Breathing Exercise, Slow Stroke Back Massage.

Abstract

Latar Belakang: Hipertensi merupakan peningkatan abnormal tekanan darah dalam pembuluh darah arteri terus menerus lebih dari satu periode. Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang sering diderita oleh kebanyakan orang. Hipertensi telah menjadi penyakit yang umum diderita oleh banyak masyarakat Indonesia. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan Deep Breathing Exercise dan Slow Stroke Back Massage efektif dalam menurunkan tekanan darah tinggi pada penderita Hipertensi. Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasie xperiment dengan desain penelitian pre and post test without control group design. Hasil: Perbedaan pre-test dan post-test terlihat dari tekanan sistolik diperoleh p-value 0,027. Pada tekanan diastolik terdapat perubahan nilai pre test dan post test p-value 0,015 yang berarti terdapat perbedaan pengaruh sebelum dan sesudah intervensi. Kesimpulan: Ada pengaruh pemberian Deep Breathing Exercise dan Slow Stroke Back Massage terhadap penurunan tekanan darah tinggi pada penderita Hipertensi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arif, Muttaqin., 2009. Asuhan Keperawatan Klien dengan Gangguan Sistem Kardiovaskular dan hematologi. Salemba Medika, Jakarta.
Aronow et al., 2011, ‘Hypertension in the Elderly’, Journal of the American Heart Association.
Basford, L. (2006). Teori dan Praktik Keperawatan: pendekatan integral pada asuhan pasien. Jakarta: EGC
Dinkes Riau. Profil Kesehatan Provinsi Riau Tahun 2015. Pekanbaru : Dinas Kesehatan Provinsi Riau.
Meidila.2017. Pengaruh Slow Deep Breathing Terhadap Tekanan Darah Lansia Hipertensi Yang Mendapat Senam Lansia Di Wilayah Kerja Puskesmas Purwosari
Ignatavicius, D.D. and Workman, M.L. Medical surgical nursing: critical thinking for collaborative care: fifth edition, volume 2, Elsevier Saunders, Westline Industrial Drive, St. Louis, Missouri.2006.
Perry, P. A. (2009). Fundamental Keperawatan Ed. 7 . Jakarta: Salemba Medika .
Westerdahl, E., Linmark, B., Ericsson, T., Friberg, O., Hedenstierna, G. and Tenling, A. Deep breathing exercise reduse atelectasis and improve pulmonary function after coronary artery bypass surgery. 2005.
Yanti, N. P. E. D., Ida Ayu Laksmi Mahardika, & Ni Ketut Guru Prapti. 2016. Pengaruh Slow Deep Breathing Terhadap Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas I Denpasar Timur. Nurscope Jurnal Keperawatan Dan Pemikiran Ilmiah, 1–10.
Published
2021-07-26
How to Cite
Samosir, N., & Triyulianti, S. (2021). Pengaruh Pemberian Deep Breathing Exercise Dan Slow Stroke Back Massage Efektif Dalam Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Pada Penderita Hipertensi. Jurnal Fisioterapi Dan Rehabilitasi, 5(2), 158-164. https://doi.org/https://doi.org/10.33660/jfrwhs.v5i2.146
##“article.abstract”## viewed = 2864 times
PDF downloaded = 2644 times