Gambaran nyeri Aktifitas Fungsional pada Osteoarthritis Grade 2 dextra di Posyandu Lansia Cempaka Pekalongan

Overview of functional activity pain in Osteoarthritis Grade 2 dextra at Posyandu Elderly Cempaka Pekalongan

  • Muhammad ghilang maulud setyawan Universtas Udayana
  • Rifqi Sabita Universitas Indonesia
  • Muhammad Wahyu Hidayat Universitas Udayana
Keywords: Osteoarthritis, pain, functional activity

Abstract

Proses menua merupakan proses alamiyah yang seringkali ada pada makluk hidup, ditandai dengan perubahan – perubahan pada fisik ketika berumur 60-74 tahun, ditandai dengan penurunan sistem saraf, sistem otot, perubahan struktural pada tulang, ketidak stabilan hormon, perubahan postural, dan perubahan pola jalan sehingga mobilitas terganggu dan mempengaruhi aktifitas fungsional akibat dari hal tersebut angka kejadian osteoarthritis meningkat. Osteoarthritis merupakan penyakit degeratif yang merusak persendian, biasanya ditandai dengan perubahan aligmen sendi, pembengkakan, dan nyeri. Tujuan : penelitian ini untuk mengetahui angka kejadinya nyeri akibat OA pada Posyandu Lansia Pekajangan Pekalongan. Metode penelitian: penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Narasumber berjumlah 4. Data diperoleh melalui kuisioner dan wawancara serta mengaplikasikan ke aktifitas fungsional untuk mengetahui nyeri pada saat beraktifitas serta di analisis dengan SPSS. Simpulan: nyeri ketika beraktifitas dinamis mendapatkan nilai 7 yang artinya nyeri berat namun masi bisa terkontrol untuk nyeri ketika beraktifitas secara statis mendapatkan nilai 5 yang artinya ada nyeri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnan, Z. A. 2006. Pengaruh Jejas Biomekanik Terhadap Apoptosis Kondrosit Dalam Rawan Sendi Lutut Kelinci Melalui Akumulasi Ca2+ Intraseluler. UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Delgado, D. A., Lambert, B. S., Bourtris, N., Mcculloch, P. C., Robbins, A. B., Moreno, M. R., Harris, J. Validation of digital visual analog scale pain scoring with a traditional paper-based visual analog scale in adults. 2.
Due, R. 2014. Gambaran Kejadian Nyeri Lutut Dengan Kecurigaan Osteoartritis Lutut Pada Perawat Di Poliklinik Rawat Jalan Blu Rsup Prof. Dr. Rd Kandou Manado. 2.
Ismail, A. 2018. Gambaran health Related Quality Of Life (HRQoL) Penderita Osteoartritis Berdasarkan Penyakit Penyerta. 6, 103-108.
Kusuma C. 2014. Korelasi Derajat Osteoartritis Lutut Menurut Kellgren dan Lawrence dengan Tes Timed Up and Go (TUG) pada Pasien Osteoartritis Lutut di Klinik Bedah Ortopedi RSU dr. Soedarso Pontianak. 1.
Novianti, N., Abi Muchlisin, S. & KEP, M. 2019. Gambaran Respon Nyeri Pada Penderita Osteoarthritis Di Komunitas. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Putra, A., Nurmalasari, Y. & Anita, T. 2018. Gambaran Klinis Osteoarthritis Primer Pada Usia 40-60 Pada Laki-Laki Dan Perempuan Di Rsud Dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung Tahun 2018. 5.
Rahmadiyanti, N., Tresnasari, C. & Rahmawaty Alie, I. 2019. Hubungan Antara Usia dan Jenis Kelamin Dengan Derajat Keparahan Osteoarthritis Lutut Di RS Al-Islam Bandung Periode 1 Januari 2013-31 Desember 2015.
Soeryadi, A., Gesal, J. & Sengkey, L. 2017. Gambaran Faktor Risiko Penderita Osteoartritis Lutut di Instalasi Rehabilitasi Medik RSUP Prof. Dr. RD Kandou Manado Periode Januari–Juni 2017. 5.
suari, B. A., Ihsan, M. & Burhanuddin, L. 2015. Gambaran Penderita Osteoartritis di Bagian Bedah RSUD Arifin Achmad Periode Januari 2011-Desember 2013. Riau University.
Published
2022-03-25
How to Cite
setyawan, M., Sabita, R., & Hidayat, M. (2022). Gambaran nyeri Aktifitas Fungsional pada Osteoarthritis Grade 2 dextra di Posyandu Lansia Cempaka Pekalongan. Jurnal Fisioterapi Dan Rehabilitasi, 6(2), 74-78. https://doi.org/https://doi.org/10.33660/jfrwhs.v6i2.166
##“article.abstract”## viewed = 678 times
PDF downloaded = 780 times