Pengaruh Postural Control Exercise Pada Anak Cerebral Palsy Spastik Hemiplegi

The Effect Of Postural Control Exercise In Cerebral Palsy Spastic Hemiplegi

  • Fitratun Najizah Universitas Widya Husada Semarang
  • Fahrizal Adhi Prasetyo Universitas Widya Husada Semarang
Keywords: cerebral palsy, spastic, hemiplegia, postural control exercise

Abstract

Cerebral palsy merupakan problematika motorik akibat dari lesi otak nonprogresif pada perkembangan otak yang mengalami gangguan. Pada anak-anak yang menderita Cerebral Palsy mengalami kerusakan pada otak yang bersifat permanen. Ciri Cerebral Palsy dengan tipe Spastic Hemiplegi yaitu ditandai dengan munculnya masalah pada anggota gerak atas dan bawah salah satu sisi tubuh. Intervensi yang diberikan pada kasus ini yaitu postural control exercise yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak untuk mengontrol posisi tubuh dengan tujuan stabilitas dan orientasi. Metode penelitian ini adalah eksperimental, desain  penelitian menggunakan studi kasus dan teknik pengumpulan data menggunakan Pre and Post Test. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Pemeriksaan postur menggunakan postur assesment scale dan pemeriksaan fungsional aktivitas menggunakan form GMFM. Setelah dilakukan terapi selama enam kali sesi, didapatkan hasil adanya perbaikan postur dan peningkatan skor fungsional aktivitas anak walaupun tidak signifikan. Postural control exercise yang diprogramkan kepada pasien mampu memperbaiki postur dan meningkatkan kemampuan fungsional aktivitas anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hong, J. S. (2019). Form The Normal Development Cerebral Palsy.
Indriyani, L. (2015). Atrofi Hipertrofi dan Hipoplasia.
Mangunsong, F. (2011). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan. Depok: LPSP3 UI.
Masgutova, S. (2015). MNRI for childern with cerebral palsy. Scientific Research.
Miller, F. (2017). Cerebral Palsy. In S. J. Bachrach, A Complete Guide for Caregiving, Second Edition. Johns Hopkins University Press Health Book.
Moore L. Keith, D. F. (2013). Anatomi Berorientasi Klinis. Jakarta: Erlangga.
Pambudi, S. (2017). Tinjauan Pustaka Definisi Antopometri. Universitas Muhammadiyah Gresik.
Permenkes. (2015). Tentang Standar Pelayanan Fisioterapi. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 65. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
Rosalee Dewar, S. L. (2014). Exercise interventions improve postural control in children with cerebral palsy: a systematic review. Developmental Medicine & Child Neurology.
Song, C.-S. (2013). Effects of Task-oriented Approach on Affected Arm Function in Children with Spastic Hemiplegia Due to Cerebral Palsy.
Syaifuddin. (2011). Anatomi Fisiologi. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Tecklin, J. S. (2015). Pediatric Physical Therapy Fith Edition. China.
Trisnowiyanto, B. (2012). Instrumen Pemeriksaan Fisioterapi dan Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Triyulianti, S. (2020). Pengaruh Hippotherapy Terhadap Peningkatan Kontrol Postur Anak Dengan Kondisi Cerebral Palsy Spastik Diplegi. Jurnal Ilmiah Fisioterapi (JIF) Volume 03 Nomor 01.
Published
2022-02-07
How to Cite
Najizah, F., & Prasetyo, F. (2022). Pengaruh Postural Control Exercise Pada Anak Cerebral Palsy Spastik Hemiplegi. Jurnal Fisioterapi Dan Rehabilitasi, 6(1), 55-59. https://doi.org/https://doi.org/10.33660/jfrwhs.v6i1.169
##“article.abstract”## viewed = 1442 times
PDF downloaded = 1452 times