Gambaran Fungsi Kognitif pada Siswa Di SDN Kadubale II Desa Kadubale Kecamatan Banjar Kabupaten Pandeglang dalam Masa Pembelajaran Jarak Jauh

  • Restu Arya Pambudi Poltekkes Jakarta III
  • Nia Kurniawati
  • Zahra Sativani
Keywords: Digit Span Test, Fungsi Kognitif, Memori Jangka Pendek, , Pandemi, COVID-19

Abstract

Pembangunan Kesehatan anak merupakan salah satu tujuan nasional, emosional, psikologi dan masalah belajar termasuk aspek penting dalam Kesehatan anak, masalah belajar dengan keterkaitan performa akademik menjadi perhatian penting karena memiliki implikasi di masa mendatang dalam kualitas hidup. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan gambaran dampak pandemic COVID-19 yang berpengaruh pada fungsi kognitif pada siswa karena pembelajaran yang dilaksanakan secara jarak jauh. Dan gambaran fungsi kognitif pada siswa SD terkhususnya yang berada didaerah dengan tingkat sosial ekonomi rendah, penelitian ini dilaksanakan di SDN Kadubale II yang terletak di desa Kadubale Kecamatan Banjar Kabupaten Pandeglang. Metode penelitian adalah dengan metode deskriptif, dilaksanakan pada bulan September 2021 dengan melakukan pemeriksaan fungsi kognitif pada siswa SDN Kadubale II. Dari penelitian ini diperoleh 21 sampel yang terdiri dari 9 laki-laki dan 12 perempuan, berdasarkan usia terdapat 2 kategori yaitu 9 dan 10 tahun. Hasil pemeriksaan Digit Span Test ditemukan perbedaan yang signifikan terhadap hasil terendah dan hasil tertinggi pada percentile equivalent, sehingga disarankan adanya penyusunan yang mengedepankan fungsi kognitif seperti melakukan kegiatan diluar pembelajaran pokok seperti aktifitas fisik yang dapat menunjang peningkatan fungsi kognitif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abrahamova, D, Hlavacka, F (2008). Age-related changes of human balance during quite stance. Physiological Research Institute of Physiology. Vol. 6 No. 57:957-64.
Basso, J. C., & Suzuki, W. A. (2017). The Effects of Acute Exercise on Mood, Cognition, Neurophysiology, and Neurochemical Pathways: A Review. Brain plasticity (Amsterdam, Netherlands), 2(2), 127–152. https://doi.org/10.3233/BPL-160040
Brauer, S. G. Wollacott, M. Sumway-Cook. (2001). The Intercating Effects of Cognitive Demand and Recovery of Postural Stability in Balance-Impaired Elderly Persons. J Gerontol: Med Sci. 56 A(8): M489-96.
Dahlan, M.S. 2008. Statistik untuk kedokteran dan kesehatan. Jakarta: CV.Sagung Seto
Horak, F (2006). Postural Orientation and Equilibrium: What do we need to know about neural control of balance to prevent falls?. British Geriatics Society.
Isaac, V. Sim, S. Zheng, V. Zagorodnov, E. Shyong Tai. Chee, M. (2011). Adverse Associations Between Visceral Adiposity, Brain Structure, and Cognitive Performance in Healthy Elderly. Frontiers in Aging Neuroscience. 3(12).
Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.
Khan, N. A. Raine, L, B. Donovan, S. M. Hillman, C. H. (2014). The Cognitive Implications of Obesity and Nutrition in Childhood. Monographs of the Society For Research in Child Development.
Lara, S. et al. (2018). Association between Postural Balance and Anthropometric Indexes In Elementary Schoolchildren. Rev Paul Pediatr 36 (1): 59-65.
Prasetiowati, L. Kusumaningtyas, S. Tamin, T. (2017). Effect of Body Mass Index on Postural Balance and Muscle Strength in Children Aged 8-10 years. JKIMSU. Vol. 6, No. 2
RISKESDAS. (2013). Riset Kesehatan Dasar Tahun 2013. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.
Sartika, R. A. D. (2011). Faktor Risiko Obesitas Pada Anak 5-15 Tahun di Indonesia. Makara. 15 (1): 37-43.
Sastroasmoro, S. & Ismael, S., 2010. Pemilihan Subyek Penelitian Penelitian : Dasar-dasar Metodologi Penelitian Klinis. Edisi ke-3., Jakarta: CV Sagung Seto
Published
2022-04-26
How to Cite
Pambudi, R., Kurniawati, N., & Sativani, Z. (2022). Gambaran Fungsi Kognitif pada Siswa Di SDN Kadubale II Desa Kadubale Kecamatan Banjar Kabupaten Pandeglang dalam Masa Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Fisioterapi Dan Rehabilitasi, 6(2), 123-127. https://doi.org/https://doi.org/10.33660/jfrwhs.v6i2.171
##“article.abstract”## viewed = 67 times
PDF downloaded = 46 times