Gambaran Skala Nyeri Akibat Penurunan Kekuatan Otot Gastrocnemius pada Lansia Pekerja di Posyandu Lansia Pekajangan Gang 16

Overview of the Muscle Gastrocnemius Pain Scale in Elderly Workers at Posyandu Elderly Pekajangan Gang 16

  • Dzikra Nurseptiani Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Muhammad Ghilang Maulud Setyawan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Naila Izzati Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Keywords: Nyeri, penurunan otot gastrocnemius, lansia

Abstract

Lansia adalah sekelompok orang dengan usia diatas 60 tahun yang sedang mengalami suatu proses perubahan bertahap dalam jangka waktu beberapa dekade. Fase lansia akan mengalami perubahan-perubahan anatomis khususnya pada sistem muskuloskeletal diantaranya nyeri yang sering timbul di daerah extremitas bawah yaitu pada otot gastrocnemius sehingga akan terjadi penurunan kekuatan otot. Nyeri pada muscle gastrocnemius dapat diukur menggunakan alat ukur nyeri Numering Rating Scale (NRS) dan untuk penurunan kekuatan otot yang terjadi akibat adanya nyeri pada gstrocnemius dapat diukur menggunakan Manual Muscle Testing (MMT). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat nyeri yang diakibatkan karena penurunan dari kekuatan otot gastrocnemius pada lansia pekerja di posyandu lansia Pekajangan Gang 16. Metode dalam penelitian deskriptif kuantitatif ini menggunakan data primer yaitu usia, jenis kelamin dan pekerjaan dengan menggunakan kuisioner serta wawancara secara langsung kepada 20 narasumber. Selanjutnya melakukan pengukuran nyeri dan penurunan kekuatan otot gastrocnemius. Hasil yang didapat dari penelitian ini setelah melakukan wawancara, pembagian kuisioner dan pengukuran nyeri serta penurunan kekuatan otot terbukti bahwa pada umur diatas 65-69 tahun adalah yang paling banyak terjadi dengan jenis kelamin perempuan yang lebih banyak dibandingkan dengan laki-laki. Selain itu, karakteristik pekerjaan sebagai buruh juga mempunyai risiko lebih tinggi terjadi nyeri dan penurunan kekuatan otot gastrocnemius karena masa kerja yang jauh lebih lama dibandingkan dengan pedagang. Untuk karakteristik nyeri sendiri rerata lansia mengalami penurunan kekuatan otot grade 2 dan nyeri yang dirasakan ada di skala 8. Simpulan dari penelitian ini bahwa lansia akan mengalami perubahan neuromuskular dan muskuloskeletal yang terjadi pada fase tersebut berupa menurunnya kekuatan otot yang dapat terjadi rasa nyeri pada muscle gastrocnemius.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aspiani, R. Y. 2014. Buku Ajar Asuhan Keperawatan Gerontik: Aolikasi Nanda, Nic Dan Noc.
Astuti, E. Z. L. & Winarni, T. 2018. Mendorong Partisipasi Bina Keluarga Lansia (Bkl) Dalam Mewujudkan Tujuh Dimensi Lansia Tangguh Di Desa Sumbersari, Moyudan, Sleman. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 129-140.
Daniel, F. D. N. R., Vale, R. G. D. S., Nodari, R. J., Giani, T. S., Bacellar, S., Batista, L. A. & Dantas, E. H. M. J. R. B. D. G. E. G. 2015. Static Balance Of Elderly Women Submitted To A Physical Activity Program. Scielo Brazil, 18, 735-742.
Dewi, D. K. & Prawesti, D. J. J. S. R. B. K. 2013. Penurunan Keluhan Nyeri Sendi Pada Lansia Melalui Senam Lansia. Jurnal Stikes Rs Baptis Kediri, 6.
Irfan, M. 2019. Fisioterapi Bagi Insan Stroke, Jakarta, Badan Ppsdmk Kemenkes Ri.
Jewell, D. V. 2014. Guide To Evidence-Based Physical Therapist Practice, Yogyakarta, Gramedia.
Ngaliman, B. 2016. Ergonomi: Dasar-Dasar Studi Waktu & Gerakan Untuk Analisis & Perbaikan Sistem Kerja. Padang: Pustaka Poltekes
Ni’mah, U., Soekiswati, S. & Hkes, M. 2018. Hubungan Sikap Dan Masa Kerja Dengan Kejadian Nyeri Punggung Bawah Pada Pegawai Pt. Telkom Surakarta. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Puspitasari, P., Rinata, E. & Salim, A. 2019. Peningkatan Derajat Kesehatan Masyarakat Melalui Pemeriksaan Kesehatan Dan Edukasi Pola Hidup Sehat. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 4, 376-382.
Ridha, M. R. & Putri, M. E. 2015. Pengaruh Latihan Range Of Motion (Rom) Aktif Terhadap Kekuatan Otot Ekstremitas Bawah Pada Lansia Dengan Osteoarthritis Di Wilayah Kerja Puskesmas Koni Kota Jambi. Jurnal Akademika Baiturrahman 4, 45-52.
Sherwood, L. & Pendit, B. U. 2019. Fisiologi Manusia, Padang Egc.
Simatupang, W. 2019. Hubungan Posisi, Durasi Dan Masa Bekerja Dengan Kejadian Nyeri Punggung Bawah (Npb) Pada Masyarakat Penenun Ulos Di Desa Lumban Suhi-Suhi Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir Sumatera Utara. Skripsi, Universita Sumatra Utara.
Solehati, T. & Kosasih, C. 2015. Konsep Dan Aplikasi Relaksasi Dalam Keperawatan Maternitas, Bandung Pt Refika Aditama.
Utomo, B. 2010. Hubungan Antara Kekuatan Otot Dan Daya Tahan Otot Anggota Gerak Bawah Dengan Kemampuan Fungsional Lanjut Usia. Thesis, Uns (Sebelas Maret University).
Wiarto, G. 2017. Nyeri Tulang Dan Sendi, Yogyakarta, Gosyen Publishing.
Published
2022-04-11
How to Cite
Nurseptiani, D., Setyawan, M., & Izzati, N. (2022). Gambaran Skala Nyeri Akibat Penurunan Kekuatan Otot Gastrocnemius pada Lansia Pekerja di Posyandu Lansia Pekajangan Gang 16. Jurnal Fisioterapi Dan Rehabilitasi, 6(2), 117-122. https://doi.org/https://doi.org/10.33660/jfrwhs.v6i2.172
##“article.abstract”## viewed = 133 times
PDF downloaded = 120 times