Telerehabilitation Virtual Reality Berbasis Video Exercise Terhadap Keseimbangan Pasien Post Stroke Non Haemoragik Sebagai Cost Effective Pelayanan Fisioterapi

Telerehabilitation Virtual Reality Based On Video Exercise For Balance On Post Stroke Non Hemorrhagic As Cost Effective Physiotherapy Services

  • Miftahul Zannah Insitut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam
  • M Fahreza Raihan Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam
Keywords: Telerehabilitation, Video Exercise, Post Stroke non Haemoragik, keseimbangan

Abstract

Pembatasan aktivitas di luar ruangan yang diberlakukan selama pandemi COVID-19 ini menyebabkan perubahan aktivitas fisik dan gaya hidup masyarakat berupa pengurangan aktivitas fisik dan perubahan pola makan. Hal ini menyebabkan peningkatan perilaku menetap dan dikaitkan dengan efek metabolik yang dapat meningkatkan risiko stroke. Stroke dapat diatasi dengan menggunakan video exercise melalui telerehabilitation virtual reality untuk meningkatkan kualitas keseimbangan pada pasien stroke. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Keseimbangan dengan menggunakan video exercise melalui telerehabilitation virtual reality pada pasien post stroke non haemoragik sebagai cost-effective pelayanan fisioterapi di Rumah Sakit Grandmed Lubuk Pakam 2022. Metode Penelitian yang digunakan quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest kepada dua kelompok.dengan metode pengambilan sampel probability sampling. Data sampel pada skripsi ini sebesar 110 orang dalam dua group. Group control dan group case. sehingga masing-masing group yaitu sebanyak 55 orang. Sebelum diberikan latihan bridging exercise serta core-strengthening melalui Video Exercise nilai Keseimbangan minimal 30 dan maksimal 46 kemudian setelah diberikan latihan bridging exercise serta core-strengthening melalui video exercise nilai keseimbangan minimal 42 dan maksimal 54. hasil uji hipotesa penelitian ini dinyatakan bahwa terdapat pengaruh pemberian video exercise melalui telerehabilitation virtual reality pada pasien post stroke non haemoragik sebagai cost-effective pelayanan fisioterapi di Rumah Sakit Grandmed Lubuk Pakam 2022.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhitya, Denny. (2020). Asal Mula dan Penyebaran Virus Corona dari Wuhan keSeluruh Dunia. Diakses tanggal 21 April 2020 dari https://bali.idntimes.com/healtahun/medical/ denny-adhietya/asal-muasal-danperjalanan-virus-corona-dari-wuhan-ke-seluruh-dunia-regional-bali/full

Awal, M; Sadiyah, S;Halimah, A; Fajriah, S.N. (2020). Pengaruh Latihan Bridging Dan Strengthening Terhadap Keseimbangan Duduk Pasien Pasca Stroke Non Hemoragik di Klinik Fisioterapi Politeknik Kesehatan Makassar. Media Fisioterapi Politeknik Kesehatan Makassar. Volume XII No. 1

Ain, Q. U., Khan, S., Ilyas, S., Yaseen, A., Tariq, I., Liu, T., & Wang, J. (2021). Additional Effects of Xbox Kinect Training on Upper Limb Function in Chronic Stroke Patients: A RandomizedControl Trial. Healtahuncare, 9(3), 242. https://doi.org/10.3390/healtahuncare9030242

Climent, Silvia Guillen. Et al (2021). A usability study in patients with stroke using MERLIN, a robotic system based on serious games for upper limb rehabilitation in the home setting. Journal of NeuroEngineering and Rehabilitation. 18:41.

Kementerian Kesehatan RI. (2018). Laporan Riskesdas 2018. Laporan Nasional Riskesdas 2018, 53(9), 154–165.

Lee, H. S., Park, Y. J., & Park, S. W. (2019). The effects of virtual reality training on function in chronic stroke patients: A systematic review and meta-analysis. BioMed Research International, 2019. https://doi.org/10.1155/2019/7595639

Lewis, S.M., Heitkemper, M.M, Dirksen, S.R (2007). Medical Surgical Nursing: Assesment and Management of Clinical Problem. Pennsylvania: W.B Saunders.

Lohse, K. R., Hilderman, C. G. E., Cheung, K. L., Tatla, S., & Van Der Loos, H. F. M. (2014). Virtual reality tahunerapy for adults post-stroke: A systematic review and meta-analysis exploring virtual environments and commercial games in tahunerapy. PLoS ONE, 9(3). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0093318

Minghelli, B., Soares, A., Guerreiro, A., Ribeiro, A., Cabrita, C., Vitoria, C., Nunes, C., Martins, C., Gomes, D., Goulart, F., Dos Santos, R. M., & Antunes, R. (2020). Physiotahunerapy services in tahune face of a pandemic. Revista Da Associacao Medica Brasileira, 66(4), 491–497.

Paulina, Lidwina, dkk. (2016) Pengaruh latihan core-strengthening terhadap stabilitas trunkus dan keseimbangan pasien pasca stroke. Jurnal Biomedik (JBM), Volume 8, Nomor 1, Maret 2016, hlm. 43-50

Pratama,2021, AD. Pengaruh Pemberian Dual Task Training Terhadap Penurunan Risiko Jatuh Pada Kasus Stroke Iskemik, 3(2),32-40. https://doi.org/10.7454/jsht.v3i2.130
Published
2023-04-06
How to Cite
Zannah, M., & Raihan, M. (2023). Telerehabilitation Virtual Reality Berbasis Video Exercise Terhadap Keseimbangan Pasien Post Stroke Non Haemoragik Sebagai Cost Effective Pelayanan Fisioterapi. Jurnal Fisioterapi Dan Rehabilitasi, 7(2), 143-148. https://doi.org/https://doi.org/10.33660/jfrwhs.v7i2.251
##“article.abstract”## viewed = 187 times
PDF downloaded = 184 times