Minat Kunjungan Pasien Fisioterapi Rumah Sakit Di Masa Pandemi Covid 19

Interest In Visiting Patients Of Physiotherapy Patients General Hospital In The Pandemi Of Covid 19

  • Triyana Triyana poltekkes kemenkes surakarta
  • Muhammad Rouf Poltekkes Kemenkes Surakarta Jurusan Fisioterapi
  • Eka Ramadani RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau
Keywords: Minat pasien, Fisioterapi, Covid19

Abstract

Pandemi Covid 19 mengakibatkan perubahan perilaku pasien rawat jalan untuk melakukan kunjungan ulang ke Rumah Sakit. Pasien mengurangi kegiatan diluar rumah salah satunya membatasi kunjungan ke Rumah Sakit. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi minat pasien dalam melakukan kunjungan ulang ke Fisioterapi Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad. Penelitian ini kuantitatif dengan desain cross sectional dan uji chi square. Pengumpulan data dengan kuesioner dan penentuan sampel dengan simple random sampling. Jumlah sampel 60 orang. Hasil penelitian menunjukkan ada korelasi antara minat pasien berkunjung ulang dengan sikap pasien dengan nilai p<0,05. Ada korelasi antara minat pasien berkunjung ulang dengan citra rumah sakit dengan nilai p<0,05. Ada korelasi antara minat pasien berkunjung ulang dengan persepsi pasien dengan nilai p<0,05. Ada korelasi antara minat pasien berkunjung ulang dengan kualitas pelayanan rumah sakit dengan nilai p <0,05. Tidak ada korelasi antara minat pasien berkunjung ulang dengan kepuasan pasien dengan nilai p>0,05. Kesimpulan dalam penelitian bahwa faktor – faktor yang mempengaruhi minat kunjungan ulang pasien yakni sikap pasien, citra rumah sakit, persepsi pasien dan kualitas pelayanan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad, R. A. (2020). Laporan Tahunan Rumah Sakit Umum Daerah Arifin achmad. Pekanbaru: RSUD Arifin Achmad.

Achmad, U. (2013). Kesehatan Masyarakat Teori dan Aplikasi. Depok: PT Raja Grafindo.

Asriani. (2016). Faktor-Faktor Yang Behubungan Dengan Pemanfaatan Ulang Pelayanan Rawat Jalan Pada Pasien Tb Paru Di Rsud Labuang Baji Makassar Tahun 2016. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Aziz, E. d. (2011). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Baduose Media.

Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djuwa, A. (2020). Hubungan Persepsi Pasien tentang Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Minat Kunjungan Ulang Rawat Jalan di Puskesmas Bakunase Kecamatan Kota Raja. Jurnal Media Kesehatan Masyarakat.

dkk, R. (2020). Hubungan Dimensi Kualitas Pelayanan Dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien Di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Kabupaten Tangerang. Jurnak Kesehatan , 13 - 21.

Gusmawan, F. d. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Karakteristik Sosiodemografi Terhadap Minat Kunjungan Ulang Yang Dimoderasi Oleh Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Rawat Jalan Puskesmas Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi.

Helmawati, T. d. (2014). Pengaruh kualitas layanan. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Istijanto. (2005). Aplikasi Praktis Riset Pemasaran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kusniati, R. (2016). Pengaruh Kualitas Jasa Dan Nilai Pelanggan Terhadap Minat Kunjungan Ulang Melalui Kepuasan Pasien RS ISA Semarang. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia.

Kusumaningrum, A. (2019). Pengaruh Brand Equity Terhadap Minat Memanfaatkan Kembali Layanan Kesehatan Di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Paru Dungus . STIKES Bakti Husada.

Lestari, D. d. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Minat Kunjungan Ulang Pasien Di Wilayah Kerja Puskesmas Mandai Kabupaten Maros Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis.

Notoatmojo. (2010). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Pohan, I. S. (2013). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: EGC.

Puryanti, d. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Loyalitas Pasien Rawat Jalan di RS X Surabaya . JI-Kes, Volume 3 No 2.

RI, D. (2009). Undang Undang Nomor 44 Tentang Rumah Sakit. DEPKES RI.

RI, K. (2015). Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 65 tentang Fisioterapi. Kementerian Kesehatan RI.

Sa'diyah, H. (2016). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Farmasi di Puskesmas Pakualaman Dan Puskesmas Mergangsan Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia.

Sangkot, H. d. (2022). Analisis Pengaruh Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Minat Kunjungan . Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia.

Saryono, S. M. (2009). Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Mitra Cendekia Press.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudirman. (2013). Pembentukan Minat. Jakarta: Pustaka Karya.

Sugiyono, P. D. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualiatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Tjiptono. (1997). Total Quality Service. Yogyakarta: Andi Offset.

Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: CV Andi.

Yanuarti, R. (2012). Analisis Faktor Faktor Yang Berhubungan Dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien di Poliklinik Rawat Jalan Rumah Sakit Pelni Jakarta. Public Knowledge Project.
Published
2023-04-06
How to Cite
Triyana, T., Rouf, M., & Ramadani, E. (2023). Minat Kunjungan Pasien Fisioterapi Rumah Sakit Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Fisioterapi Dan Rehabilitasi, 7(2), 130-135. https://doi.org/https://doi.org/10.33660/jfrwhs.v7i2.272
##“article.abstract”## viewed = 298 times
PDF downloaded = 354 times