Minat Kunjungan Pasien Fisioterapi Rumah Sakit Di Masa Pandemi Covid 19
Interest In Visiting Patients Of Physiotherapy Patients General Hospital In The Pandemi Of Covid 19
Abstract
Pandemi Covid 19 mengakibatkan perubahan perilaku pasien rawat jalan untuk melakukan kunjungan ulang ke Rumah Sakit. Pasien mengurangi kegiatan diluar rumah salah satunya membatasi kunjungan ke Rumah Sakit. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi minat pasien dalam melakukan kunjungan ulang ke Fisioterapi Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad. Penelitian ini kuantitatif dengan desain cross sectional dan uji chi square. Pengumpulan data dengan kuesioner dan penentuan sampel dengan simple random sampling. Jumlah sampel 60 orang. Hasil penelitian menunjukkan ada korelasi antara minat pasien berkunjung ulang dengan sikap pasien dengan nilai p<0,05. Ada korelasi antara minat pasien berkunjung ulang dengan citra rumah sakit dengan nilai p<0,05. Ada korelasi antara minat pasien berkunjung ulang dengan persepsi pasien dengan nilai p<0,05. Ada korelasi antara minat pasien berkunjung ulang dengan kualitas pelayanan rumah sakit dengan nilai p <0,05. Tidak ada korelasi antara minat pasien berkunjung ulang dengan kepuasan pasien dengan nilai p>0,05. Kesimpulan dalam penelitian bahwa faktor – faktor yang mempengaruhi minat kunjungan ulang pasien yakni sikap pasien, citra rumah sakit, persepsi pasien dan kualitas pelayanan.
Downloads
References
Achmad, U. (2013). Kesehatan Masyarakat Teori dan Aplikasi. Depok: PT Raja Grafindo.
Asriani. (2016). Faktor-Faktor Yang Behubungan Dengan Pemanfaatan Ulang Pelayanan Rawat Jalan Pada Pasien Tb Paru Di Rsud Labuang Baji Makassar Tahun 2016. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Aziz, E. d. (2011). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Baduose Media.
Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Djuwa, A. (2020). Hubungan Persepsi Pasien tentang Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Minat Kunjungan Ulang Rawat Jalan di Puskesmas Bakunase Kecamatan Kota Raja. Jurnal Media Kesehatan Masyarakat.
dkk, R. (2020). Hubungan Dimensi Kualitas Pelayanan Dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien Di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Kabupaten Tangerang. Jurnak Kesehatan , 13 - 21.
Gusmawan, F. d. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Karakteristik Sosiodemografi Terhadap Minat Kunjungan Ulang Yang Dimoderasi Oleh Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Rawat Jalan Puskesmas Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi.
Helmawati, T. d. (2014). Pengaruh kualitas layanan. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Istijanto. (2005). Aplikasi Praktis Riset Pemasaran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kusniati, R. (2016). Pengaruh Kualitas Jasa Dan Nilai Pelanggan Terhadap Minat Kunjungan Ulang Melalui Kepuasan Pasien RS ISA Semarang. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia.
Kusumaningrum, A. (2019). Pengaruh Brand Equity Terhadap Minat Memanfaatkan Kembali Layanan Kesehatan Di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Paru Dungus . STIKES Bakti Husada.
Lestari, D. d. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Minat Kunjungan Ulang Pasien Di Wilayah Kerja Puskesmas Mandai Kabupaten Maros Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis.
Notoatmojo. (2010). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Pohan, I. S. (2013). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: EGC.
Puryanti, d. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Loyalitas Pasien Rawat Jalan di RS X Surabaya . JI-Kes, Volume 3 No 2.
RI, D. (2009). Undang Undang Nomor 44 Tentang Rumah Sakit. DEPKES RI.
RI, K. (2015). Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 65 tentang Fisioterapi. Kementerian Kesehatan RI.
Sa'diyah, H. (2016). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Farmasi di Puskesmas Pakualaman Dan Puskesmas Mergangsan Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia.
Sangkot, H. d. (2022). Analisis Pengaruh Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Minat Kunjungan . Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia.
Saryono, S. M. (2009). Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Mitra Cendekia Press.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudirman. (2013). Pembentukan Minat. Jakarta: Pustaka Karya.
Sugiyono, P. D. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualiatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Tjiptono. (1997). Total Quality Service. Yogyakarta: Andi Offset.
Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: CV Andi.
Yanuarti, R. (2012). Analisis Faktor Faktor Yang Berhubungan Dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien di Poliklinik Rawat Jalan Rumah Sakit Pelni Jakarta. Public Knowledge Project.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Author’s Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
User Rights
JFR's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, JFR permits users to copy, distribute, display, and perform the work. Users will also need to attribute authors and JFR on distributing works in the journal.
Rights of Authors
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights;
- Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
- The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
- The right to reproduce the article for own purposes,
- The right to self-archive the article
Co-Authorship
If the article was jointly prepared by other authors, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JFR will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JFR will only communicate with the corresponding author.
Miscellaneous
JFR will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JFR's editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.