PENGARUH TERAPI LATIHAN TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN FUNGSIONAL PADA KASUS CEREBRAL PALSY SPASTIK DIPLEGIA

EXERCISE THERAPY EFFECT FOR INCREASE FUNCTIONAL ACTIVITIES IN CEREBRAL PALSY SPASTIC DIPLEGIA

  • Didik Purnomo Akademi Fisioterapi Widya Husada Semarang
  • Kuswardani Kuswardani Akademi Fisioterapi Widya Husada Semarang
  • Rizka Novitasari Akademi Fisioterapi Widya Husada Semarang

Abstract

Latar Belakang :. Instansi kesehatan di Indonesia telah mendata diantaranya YPAC Cabang Semarang dengan jumlah anak terdiagnosa Cerebral Palsy pada tahun 2008 sebanyak 41 anak, tahun 2009 sebanyak 36 anak, pada tahun 2010 sebanyak 39 anak, pada tahun 2011 sebanyak 41 anak, pada tahun 2012 sebanyak 47 anak, pada tahun 2013 sebanyak 47 anak, pada tahun 2014 sebanyak 50 anak, pada tahun 2015 sebanyak 56 anak, pada tahun 2016 sebanyak 78 anak (YPAC Cabang Semarang,2016). Penelitian dilakukan di YPAC semarang pada bulan November 2017 sebanyak 8 orang partisipan dengan tindakan fisioterapi menggunakan konsep bobath dengan teknik inhibisi, fasilitasi dan stimulasi. Penelitian menggunakan metode pretest-posttest dengan quasi eksperimen

Tujuan : Untuk mengetahui pengaruh terapi latihan dengan metode Bobath Exercise dalam meningkatkan kemampuan fungsional pada pasien Cerebral Palsy Diplegia Spastic.

Hasil : Setelah dilakukan terapi didapatkan hasil adalah tidak ada peningkatan kemampuan fungsional pasien berdasarkan hasil uji paired sample t test didapatkan nilai p (sig) sebesar 0.080 yang berada dibawah batas kritis yaitu >0,05 sehingga Ho diterima sedangkan Ha ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa tidak terjadi peningkatan yang signifikan antara sebelum dengan sesudah terapi.

Kesimpulan : Terapi latihan dengan metode Bobath Exercise seperti inhibisi dan fasilitasi, latihan dengan easy stand dan latihan berjalan pada paralel bar serta pemberian edukasi  epada partisipan belum dapat menunjukkan hasil yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan fungsional partisipan, keberhasilan terapi juga membutuhkan kerja sama yang  aik antara pasien, orang tua pasien dengan terapi dan durasi waktu terapi juga mempengaruhi keberhasilan dalam pelaksanaan terapi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Didik Purnomo, Akademi Fisioterapi Widya Husada Semarang

Lecture of Akademi Fisioterapi Widya Husada Semarang

Kuswardani Kuswardani, Akademi Fisioterapi Widya Husada Semarang

Lecture of Akademi Fisioterapi Widya Husada Semarang

Rizka Novitasari, Akademi Fisioterapi Widya Husada Semarang

Akademi Fisioterapi Widya Husada Semarang

Published
2018-08-16
How to Cite
Purnomo, D., Kuswardani, K., & Novitasari, R. (2018). PENGARUH TERAPI LATIHAN TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN FUNGSIONAL PADA KASUS CEREBRAL PALSY SPASTIK DIPLEGIA. Jurnal Fisioterapi Dan Rehabilitasi, 2(1), 1-8. https://doi.org/https://doi.org/10.33660/jfrwhs.v2i1.41
##“article.abstract”## viewed = 1394 times
PDF downloaded = 6767 times